Profil JSIT Indonesia (Pusat)


Profil JSIT Indonesia
NPWP
02.616.957.3-017.000
Klasifikasi Lap. Usaha
85300-Jasa Kegiatan Sosial
Akta Notaris
Haryanto, S.H. No.13, 20 November 2006

Ketua Umum
Drs. Sukro Muhab, M.Si.
Pendidikan adalah proses pemberdayaan manusia untuk membangun suatau peradaban yang bermuara pada terwujudnya suatu tatanan masyarakat yang sejahtera lahir dan bathin. Islam memulai proses membangun peradapan yang telah porak poranda (zaman jahiliyah) dengan menabuhkan genderang pendidikan dengan turunnya 5 ayat pertama dari Al Qur’an. Oleh karena itu pendidikan berarti merupakan suatu proses membina seluruh potensi manusia sebagai makhluk yang beriman, berfikir dan berkarya untuk kemaslahatan diri dan lingkungannya. Membangun sekolah berkualitas berarti menyelenggarakan proses pendidikan yang membentuk kepribadian peserta didik agar sesuai dengan fitrahnya.
Kenyataannya, kualitas pendidikan kita masih suram. Kesuraman itu nampak dari rendahnya kemampuan siswa-siswi dibandingkan dengan negara-negara lain didunia. Dalam skala internasional, menurut laporan Bank Dunia No. 16369-IND (Greanery, 1992), Studi IEA (Internastional Association for the Evaluation of Education Achievement) menunjukan bahwa keterampilan membaca kelas IV SD berada pada tingkat terendah. Sebagai gambaran perbandingan skor rata-rata untuk membaca  SD adalah 75.5 (Hongkong), 74.0 (Singapura), 65.1 (Thailand), 52.6 (Filipina), dan 51.7 (Indonesia). Dan hasil The Third International Mathematics and Science Study (IEA, 1999) menunjukan bahwa diantara 38 negara peserta, prestasi siswa SLTP kelas 2 Indonesia berada pada urutan ke 33 untuk IPA dan 34 untuk Matematika.
Rendahnya mutu pendidikan nasional sebagian terjadi pada sekolah-sekolah islam. Bila diukur melalui hasil ujian akhir selama lima tahun, dari tahun 1998 sampai dengan tahun 2002, jumlah sekolah islam yang berprestasi baik dari 100 sekolah swasta Nasional dilihat dari hasil NEM maupun UAN hanya berkisar 9 – 12 %.
Rendahnya kualitas sekolah islam, terutama dalam aspek pengembangan mutu akademik, sesungguhnya sudah terjadi sejak puluhan tahun yang lalu, dan semakinnyata keterpurukannya bila dibandingkan sekolah-sekolah Kristen. Krisis sekolah-sekolah islam semakin menyedihkan manakala parameter mutu diperluas dengan acuan keefektifan suatu sekolah yang meliputi aspek manajemen, kedisiplinan, kebersihan, kesehatan dan ketenagaan.
Dengan potret mutu dan kondisi sekolah islam dan sekolah umumlainnya seperti itu, sangat mendesak bagi para aktivis pendidikan islam untuk segera bergerak, berbuat dan berjihad di medan pembentukan, pembinaan dan pendidikan bagi putera-puteri masa depan ummat! Kita perlu membangun dan mengembangkan sekolah-sekolah islamyang efektif dan bermutu. Dan pengembangan serta pengelolaan sekolah yang berkualitas akan lebih optimal bila dilakukan melalui kerjasama efektif antar sekolah yang memiliki visi, misi dan orientasi yang sama.

Alamat sekretariat:
Jln. Nusantara 42C, Pasir Gunung, Cimanggis, Depok 16951
Jawa Barat, Indonesia
Telepon dan Facsimile:
+62 31 87716373
Website: www.jsit.web.id
Email: sekretariat@jsit.web.id

0 komentar:

Posting Komentar